Minggir, pejabat mau lewat!

Sore tadi pas sesudah Ashar, kami pulang dari Bogor menuju Bekasi, masuk tol Jagorawi dari Lingkar Selatan Bogor. Suasana hujan sedemikian deras, jarak pandang ke depan pendek, udara berkabut air, lampu depan mesti dinyalakan agar tiap kendaraan jelas terlihat oleh yang lain.

image

Karena keterbatasan pandangan pula, laju kendaran melambat, masing-masing kendaraan setia pada lajurnya, mengingat sulit melihat belakang kiri-kanan untuk berpindah lajur (terganggu kaca jendela dan kaca spion yang basah).

Tidak lama kemudian, raungan sirine terdengar. Rupanya ada konvoi rombongan pejabat negara mau lewat. Pertama muncul adalah dua polisi voorijder mengenakan setelan antihujan hijau menyala, mengendarai moge Yamaha, sedikit bermanuver agar kendaraan lain menepi untuk memberi ruang. Kemudian sedan polisi, disusul sejumlah jip Mercy. Pengeras suara berbunyi lantang, entah apa yang dikatakan, sepertinya memerintahkan kendaraan lain untuk segera menepi memberi ruang khusus bagi rombongan berpengawal tersebut agar bisa melaju dengan cepat.

Kendaraan-kendaraan di dua lajur tengah langsung membelah. Kami yang sedang melaju di tengah kanan, berusaha merapat ke lajur paling kanan (dekat beton pemisah jalur), sementara yang di tengah kiri merapat ke bahu jalan. Terus terang, dalam kondisi jarak pandang terbatas dan penglihatan ke belakang terganggu, berpindah lajur dengan cepat seperti itu bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Malah membahayakan.

Apa iya pejabat negara wajib hukumnya selalu didahulukan, tanpa peduli bagaimana kondisi lalu lintasnya, sekalipun di tengah laju kendaraan dalam kondisi hujan sedemikian lebat yang memang sengaja melambat agar tetap aman dengan pandangan depan belakang yang terbatas??? Kalau terjadi kecelakaan, maukah anda bertanggung jawab wahai pejabat negara?

Kembali ke konvoi, akhirnya mobil sang pejabat negara sukses lewat, melaju cepat. Sedan Mercedes Benz seri S-600, dengan plat nomor RI 2.

(Ilustrasi S 600 dari redscopi.blogspot.com)


by WordPress on HTC

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s